Jajanan Khas Sumatera Barat ini wajib untuk kamu coba - SUKOINYO

Baru

Jajanan Khas Sumatera Barat ini wajib untuk kamu coba


Tidak hanya masakannya yang terkenal hingga ke mancanegara,tetapi  sumatera barat  juga memiliki  makanan yang enak,gurih dan lezat yang jarang ditemukan di daerah mananpun.karna rasanya yang enak dan sangat berbeda dari jajanan biasanya.makanan ini pun tidak jarang ditemukan karna sudah banyak yang menjual dan memperdangangkan makanan ini di setiap daerah yang ada  di sumatera barat.
Berikut sobat SUKOINYO bagikan jajanan jajanan khas dari sumatera barat.
cekidot
Sala Lauak

1.      Sala Lauak, Si Bola Kuning yang merupakan cemilan wajib khas Kota Tabuik (Pariaman)
Gorengan bulat kuning yang terbuat dari campuran tepung beras dan ikan  asin yang juga ditambahkan dengan irisan daun kunyit sebagai penambah aroma yang begitu menggoda selera. Ketika kamu sedang berada di pasar tradisional pariaman maupun di padang, kamu pasti akan mencium aroma dari Sala Lauak yang sedang dimasak oleh para pedagangnya . Tidak hanya untuk cemilan, sala lauak juga sering disantap bersama menu lain seperti bakso, lontong, sate ,mie dan lain sebagainya. Jajanan ini bisa terbilang sangat murah,karna hanya dengan Rp.5000 saja kamu sudah bisa menikmati Sala Lauak dari 20 hingga 25 buah !! Murah bukan!!

2.      Kue Bika, Kalau Sumatera Utara Punya Bika Ambon, Sumatera Barat Punya Bika Bakar
Jajanan Khas yang terbuat dari  campuran adonan tepung beras, kelapa dan gula pasir/gula merah yang dipanggang  ini merupakan salah satu jajanan yang paling dirindukan oleh para perantau yang berasal dari Minang. Bagaimana tidak, jajanan ini sudah sangat populer bahkan sejak zaman penjajahan Belanda, terbukti dengan adanya Bika Simariana usaha Bika yang sudah didirikan sejak zaman tersebut. Untuk mendapatkan 1 buah bika kamu cukup merogoh kocek Seribu Rupiah Saja!! 

Langkitang dan Pensi


3.      Langkitang dan Pensi, Jajanan Bercangkang yang memiliki sumber protein tinggi.
Langkitang dan Pensi juga memiliki sumber protein tinggi yang baik bagi tubuh kita. Langkitang merupakan jenis siput air tawar dan pensi merupakan kerang air tawar yang terdapat pada sawah dan danau.  Jurnal Biology Letters menyebutkan bahwa dalam setiap 100 gram langkitang terdapat 12 gram protein. Begitupun dengan Pensi yang memiliki kadar protein yang tinggi sekitar 85 hingga 90 persen per 100 gram-nya. Langkitang dan Pensi diolah dengan cara digulai dengan bahan santan , cabai dan bumbu seperti bawang putih, bawang merah dan kunyit. Langkitang dan pensi menjadi salah satu jajanan paling favorit terutama bagi banyak anak muda. Seporsi Gulai Langkitang maupun seporsi Pensi ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp.5000 saja

didaerah manapun sobat tidak akan menemukan jajanan yang satu ini.krna jajanan ini hanya ada di sumatera barat.bagi perantau yang berasal dari sumatera barat pasti bakalan rindu dengan jajanan yang satu ini,apalagi ketika menikmati nya di pinggir pantai bersama orang tersayang.

 

Lamang Tapai

4.      Lamang Tapai ,Lamangnyo lamak Tapainyo manih!!
Lamang tapai merupakan Menu wajib pada bulan puasa di pasar pabukoan dan sejumlah acara pesta rakyat di Sumatera Barat. Tak hanya rasanya yang unik, pembuatannya pun juga cukup unik, yaitu dipanggang dalam sebuah bambu muda yang berisi adonan ketan dan santan. Tapai yang dimaksud adalah kuah yang disantap bersama lemang yang merupakan tape ketan yang dibuat melalui fermentasi . Lamang tapai diolah menjadi 3 varian yaitu Lamang tapai original, Lamang tapai pisang dan Lamang tapai baluo (Lamang yang diisi dengan kelapa parut yang dicampur dengan gula merah).


Begitu istimewanya Ranah Minang, memiliki pemandangan alam yang indah, wisata alam yang sangat menarik dan tak kalah indah dari wisata alam nusantara lainnya hingga kuliner lezat dengan cita rasa mendunia yang menjadikan Sumatera Barat menjadi salah satu destinasi wisata pilihan bagi wisatawan dalam maupun luar negeri

Kali ini hanya itu saja yang bisa sobat inyo bagikan,jangan sampai ngiler ya sobat


No comments